Ketika mendengar kata “Lombok”, mungkin kita langsung membayangkan sebuah pulau tropis dengan pantai-pantai indah seperti di Pulau Bali yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. Namun, tahukah Anda bahwa Lombok tidak hanya menawarkan pantai sebagai lokasi wisatanya? Ternyata ada beberapa lokasi wisata di Lombok yang tidak hanya menawarkan pengalaman untuk bersantai, tapi juga informasi-informasi berguna mengenai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terutama bagi Anda yang memiliki rencana untuk mulai berwirausaha.

Lombok terkenal dengan berbagai macam kerajinan tradisional yang di antaranya adalah kerajinan mutiara, kain tenun, dan gerabah. Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai UKM kerajinan gerabah yang didirikan oleh seorang pengusaha asal Desa Banyumulek, Lombok Barat, yang bernama Ibu Hj. Nurul Aini. Bersama masyarakat Banyumulek, Ibu Nurul mengurus dan mengembangkan kerajinan gerabah yang sudah ada sejak dahulu kala menjadi suatu karya seni dengan nilai jual yang baik.

Apabila Anda memiliki rencana untuk mendatangi jenis tempat wisata yang berbeda, maka UKM seperti ini dapat Anda datangi. Kunjungan dimulai dari tempat pembentukan gerabah. Di sini, gerabah dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan kreasi. Setelah gerabah dibentuk sesuai keinginan, proses pun berlanjut ke pembakaran gerabah. Setelah proses pembakaran selesai, gerabah kemudian dibawa ke art shop di mana mereka akan dihias dan diberi sentuhan akhir sebelum akhirnya dijual. Dari seluruh proses ini, Anda dapat mempelajari bagaimana suatu UKM atau bisnis wirausaha dapat terbentuk mulai dari mendapatkan bahan mentah hingga membuat barang jadi yang siap untuk dipasarkan.

Selain menerima kedatangan wisatawan, Ibu Nurul juga telah beberapa kali menerima kedatangan rombongan dari berbagai perusahaan, terutama perusahaan yang ingin memberikan persiapan bagi para stafnya yang akan memasuki masa purnabakti. Salah satu perusahaan yang pernah mengunjungi UKM gerabah Ibu Nurul ini adalah BPJS Kesehatan, tepatnya pada tanggal 24 Februari 2017 lalu. BPJS Kesehatan, bekerja sama dengan Duta Bangsa (DB), mengadakan pelatihan untuk persiapan masa purnabakti bagi para stafnya dari seluruh pelosok Indonesia.

Kunjungan BPJS Kesehatan ini dilakukan dalam rangka melengkapi pelatihan di dalam kelas bersama DB. Mungkin terbayang di benak Anda betapa membosankannya pelatihan tersebut. Namun ternyata para peserta tampak antusias karena mereka diajak untuk melakukan berbagai kegiatan kelompok di dalam kelas. Tidak tanggung-tanggung, Bapak Dony Oskaria yang merupakan Komisaris Garuda Indonesia dan CEO dari beberapa perusahaan di CT Corp turut menjadi narasumber dalam materi Networking Skills.

Jadi, apa Anda tertarik untuk berwisata UKM? Selain menambah wawasan Anda, wisata UKM ini secara tidak langsung juga dapat membantu perkembangan para pengrajin kecil dan menengah di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

 

(Amelia Savitri)