“If you look good, you feel good, and if you feel good, you do good,” ujar Georges St. Pierre, Pemenang Ultimate Fighting Championship.

Sebagian pria merasa tidak terlalu butuh memerhatikan penampilan. Namun kutipan dari Georges St. Pierre di atas ternyata dapat memberikan dampak positif bagi pria yang menerapkannya.

Berikut tiga bentuk tubuh pria yang umumnya ditemui:

 

 

Bentuk Tubuh Ideal:

Jika Anda adalah pria dengan bentuk tubuh yang lurus, bisa jadi Anda memiliki bentuk tubuh ideal. Bentuk tubuh ini memiliki kesan tinggi dengan leher ramping dan panjang, pergelangan kaki dan tangan kecil, serta cukup sulit mengembangkan otot. Bagian pinggang, pinggul, dan pundak juga kecil. Tips berbusana untuk pria dengan bentuk tubuh ideal adalah gunakan busana berbahan lebih tebal karena memberikan tambahan volume ke tubuh. Warna cerah seperti khaki atau abu-abu dapat memberikan kesan berisi pada tubuh. Yang sebaiknya dihindari adalah busana berwarna gelap dengan pola garis vertical karena dapat membuat tubuh semakin terlihat lurus.

 

Bentuk Tubuh Atletis:

Bagi pria yang memiliki bentuk tubuh atletis, cenderung memiliki tubuh yang berotot dengan bentuk V-shape. Bentuk tubuh atletis ditandai dengan bahu dan pundak lebar serta pinggang yang sempit. Keunggulan memiliki bentuk tubuh atletis adalah dapat mengenakan hampir seluruh jenis busana. Namun perhatikan agar ukuran busana tampak pas di tubuh. Model slim-fit bisa jadi pilihan terbaik.

 

Bentuk Tubuh Landai:

Tubuh landai bukan berarti gemuk. Memang pria dengan bentuk tubuh ini memiliki lemak tubuh yang lebih tinggi, namun tubuhnya mudah untuk dibentuk menjadi otot. Pria dengan bentuk tubuh ini biasanya memiliki paha dan pinggul yang lebih besar. Sehingga pilih busana yang berwarna gelap untuk menciptakan ilusi merampingkan tubuh. Sebaiknya jangan gunakan celana yang terlalu ketat atau terlalu lebar karena siluet yang tercipta justru semakin besar. Gunakan saja celana dengan model straight atau regular-fit. Tips terakhir adalah berolahraga untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi lebih atletis. [oze]