Apa itu Burnout?
Burnout merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi stress berat yang dipicu oleh pekerjaan. Burnout tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan perlu diatasi dengan tepat karena dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.
Bagaimana cara untuk tidak Burnout?
Ingat! Task & Time Priority.
Di dalam bukunya “Get Things Done” David Allen menuliskan bahwa segala pekerjaan yang kamu lakukan bisa dimasukkan ke dalam Priority Matrix, di mana kamu bisa membagi pekerjaan kamu ke dalam empat kategori, yaitu:
- Urgent – important
- Urgent – Not Important
- Not Urgent – Important
- Not Urgent – Not Important
Selain membagi pekerjaan ke dalam empat kategori tadi, jangan lupa untuk memberikan semua pekerjaan kamu mini deadline untuk membuat manajemen waktumu lebih efisien.
Tips berikutnya untuk menghindari Burnout, kamu bisa menggunakan Pomodoro Method. Di mana kamu bisa menyisipkan waktu istirahat di antara pekerjaan kamu. Contohnya dengan membagi jam kerjamu menjadi interval 30 menit (25 menit kerja – 5 menit istirahat) untuk memaksimalkan produktifitas kamu.
Ingat! Istirahat itu bagian dari perjalanan kamu, supaya kamu bisa meraih Work Life Balance.