Teman, masih ingat apa itu etiket? Kalau Anda lupa, langsung saja cek disini!

Nah, buat Anda yang sedang mendapat panggilan untuk interview di tempat kerja baru, sudah tau belum sih bagaimana etiket yang baik ketika akan mengunjungi kantor orang lain?

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar berhasil lolos tahap interview. Simak tiga tips ber-Etiket saat mengunjungi kantor orang berikut ini:

Ketuk pintu sebelum masuk ruang interview. Sederhana bukan? Saat Anda sedang interview, kemungkinan besar interviewer akan mulai menilai sebelum Anda memasuki ruangan. Awali wawancara dengan baik. Dengan mengetuk pintu ruangan, Anda menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang sopan dan menghargai orang yang ada di dalam ruang tersebut. Sebuah impresi awal yang baik!

Tatap mata lawan bicara. Salah satu kesalahan terbesar seseorang ketika sedang wawancara pekerjaan adalah tidak melakukan kontak mata. Dengan menunduk saat bicara, Anda bersikap tidak percaya diri-bukan sesuatu yang Anda ingin tunjukkan bila Anda ingin lulus tahap wawancara, bukan?

Pamitan dengan sopan. Akhiri sesi wawancara dengan kalimat seperti, “Terima kasih banyak atas waktunya, Pak/Bu. Saya harap saya dapat memenuhi standar Perusahaan ini dan dapat menjadi menjadi karyawan Bapak/Ibu”. Tunjukan apresiasi kepada interviewer. Sering kali karena merasa tegang dan tidak percaya diri, Anda lupa untuk mengucapkan kalimat pamit yang baik dan sopan sebelum meninggalkan ruangan.

Selain hal diatas, ada banyak sekali faktor yang menentukan kesuksesan saat job interview, namun etiket yang baik akan lebih menunjukan kualitas Anda sebagai seorang Profesional!

(Muhammad Rizqi Ardyputra)